30 Destinasi Lokasi Wisata di Lombok Tengah

Potensi wisata di Indonesia bagian tengah memang semakin menunjukkan perkembangan pasti. Tidak hanya Bali yang menjadi ikon tempat wisata Indonesia bagian tengah. Kini kota yang berada di propinsi Nusa Tenggara Barat yaitu, Lombok sudah semakin dikenal memiliki potensi tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan yang lain.

Terutama di salah satu kabupaten Nusa Tenggara Barat yaitu, kabupaten Lombok Tengah. Di Lombok Tengah, wisatawan akan menemukan tempat wisata alam, wisata pantai, wisata adat dan budaya, serta wisata keluarga yang lain. Semua memiliki keistimewaan sebagai tempat wisata. Berkunjung ke Lombok Tengah pun sangat mudah dengan pesawat terbang dan menuju ke arah bandara bernama Bandar udara Internasional Lombok. Bagi wisatawan yang ingin mengisi waktu tahun baru dengan pergi ke suatu tempat, lebih baik memilih Lombok Tengah untuk dikunjungi.

Melihat Lokasi Wisata di Lombok Tengah berjumlah sangat banyak. Bahkan sampai tiga puluh tempat wisata, maka waktu sehari sampai dua hari dirasa tidak cukup untuk menikmati suasana tempat wisata salah satu kota di Nusa Tenggara Barat ini.

Berikut ini adalah ketiga puluh Lokasi Wisata di Lombok Tengah yang dapat dijadikan rekomendasi bagi wisatawan yang akan berwisata di Lombok Tengah.

1. Rumah Tradisional Lombok

Sebelum menuju ke tempat wisata yang menyajikan pesona alam, tentu lebih baik mengenal terlebih dahulu seperti apa kota Lombok Tengah itu. Melalui wisata adat dan budaya, wisatawan dapat berkunjung ke desa Rembitan. Di desa ini wisatawan akan dapat melihat bangunan tempat tinggal yang merupakan rumah tradisional Lombok. Untuk menuju ke desa Rembitan, perlu menempuh jarak delapan belas kilometer dari wilayah Praya.

Dapat dikatakan desa ini berada di wilayah perbukitan sehingga memang perlu menempuh perjalanan yang lama untuk tiba di tempat tujuan. Selain rumah tradisional Lombok, wisatawan nanti juga dapat melihat budaya kehidupan dari penduduk sasak zaman dulu yang masih tinggal di rumah lumbung.

Wisatawan juga akan diperlihatkan keadaan lantai rumah yang tidak biasa. Sebab lantai rumah dibangun menggunakan perpaduan kotoran dari hewan serta tanah liat. Kemudian, wisatawan juga akan melihat proses produksi kain songket secara langsung. Penduduk tersebut akan memperlihatkan keahlian mereka dalam menenun.  

2. Desa Wisata Kerajinan Songket

Kain songket memang menjadi kain khas dari kota Lombok Tengah. Bagi wisatawan yang akan melihat kesibukkan penduduk asli Lombok Tengah dengan menenun kain songket, maka berkunjunglah ke desa Sukarara. Perjalanan menuju desa kerajinan songket ini perlu menempuh jarak hingga tiga kilometer dari arah wilayah Praya. Wisatawan akan melihat kegiatan yang sangat menarik di desa Sukarara.

Kegiatan yang sangat kompak dilakukan oleh penduduk asli Lombok Tengah ini dalam membuat tenunan kain songket. Melihat alat yang digunakan untuk produksi kain songket juga menjadi pengalaman menarik dalam hidup. Sebab alat tenun kain songket tersebut termasuk alat tenun tradisional asli Indonesia. Baik penduduk wanita maupun pria akan dapat menenun kain songket menjadi berbagai ragam kerajinan.

Mulai dari selendang, taplak untuk meja, pakaian tradisional sampai dengan selimut. Perbedaan pekerjaan para penenun adalah untuk pria akan mengerjakan tenunan kain jenis ikat dan untuk wanita akan mengerjakan tenunan kain jenis songket.

3. Air Terjun Lombok Tengah, Benang Stokel

Setelah melihat wisata adat dan budaya dari wilayah Lombok Tengah, menuju wisata alam air terjun yang akan memberikan suasana segar dengan mengunjunginya. Terkenal dengan nama Benang Stokel adalah nama Lokasi Wisata di Lombok Tengah. Nama Benang Stokel diberikan karena melihat gerakan air terjun yang seperti helaian-helaian benang yang saling terikat satu sama lain.

Menuju ke tempat wisata ini dari arah Praya perlu menempuh jarak dua puluh dua kilometer. Tentu wisatawan akan sedikit merasa takut dan juga kagum ketika melihat air terjun. Air yang mengalir dari atas menuju bawah dari tebing dinding dengan tinggi dua puluh meter. Dentuman air terjun Benang Stokel terasa sangat keras namun menyegarkan. Bahkan wisatawan yang ingin merasakan kesegaran dari air terjun ini dapat merasakan tepat di guyuran air terjun Benang Stokel. Bagi penduduk lokal, air terjun Benang Stokel mampu sebagai penyembuh penyakit.

Wisatawan pun akan merasakan wisata alam yang membuat badan sangat rileks. Setelah asyik menikmati guyuran air terjun, dapat menghangatkan badan dengan memesan kopi di warung kopi. Perlu diketahui bahwa asal air terjun Benang Stokel berasal dari sebuah danau yang terkenal di Lombok yaitu, Danau Segara Anak.

4. Air Terjun Lombok Tengah, Benang Kelambu

Jika wisatawan belum puas menikmati keindahan suasana air terjun di satu tempat, masih ada suguhan air terjun bernama Benang Kelambu. Hanya perlu tiga puluh menit untuk menuju ke air terjun Benang Kelambu dari air terjun Benang Stokel. Berbicara mengenai ketinggian dinding dari tempat keluarnya air, untuk air terjun Benang Kelambu ini memiliki ketinggian sekitar tiga puluh lima meter.

Wisatawan dapat bermain air di tempat wisata satu ini dengan sepuas-puasnya. Melihat turunnya air dari air terjun Benang Kelambu terbilang lebih lembut dan lebih rapi dibanding air terjun Benang Stokel yang sedikit terlihat kusut. Sehingga tidak heran untuk air terjun satu ini diberi nama air terjun Benang Kelambu seperti kelambu. Air terjun Benang Kelambu juga dirasakan oleh flora di sekitarnya baik di dinding maupun yang lain. Terbukti dengan begitu suburnya flora tumbuh di wilayah Lokasi Wisata di Lombok Tengah ini.

5. Wisata Keluarga Pemandian Aik Bukak

Tentu kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata yang tidak mampu dinikmati keluarga. Berkunjung ke Pemandian Aik Bukak, akan menjadi tujuan wisata keluarga yang dijamin menyenangkan. Bersama keluarga menikmati pemandangan nan hijau di Aik Bukak tentu menyenangkan.

Untuk menuju ke pemandian Aik Bukak dapat ditempuh dari wilayah Praya dengan jarak dua puluh kilometer. Sisi menarik yang lain dengan mengunjungi tempat wisata satu ini karena termasuk wisata yang didirikan oleh warga berkebangsaan Belanda. Walaupun banyak tempat wisata yang merupakan bekas dari penjajahan maupun karya dari warga negara asing, namun untuk wisata pemandian tentu masih jarang. Apalagi melihat tatanan pemandian Aik Bukak ini didesain dengan begitu nyaman. Wisatawan yang menikmati pemandian ini akan benar-benar merasa damai dan tentram.

Tempat wisata ini berhadapan dengan hutan tropis yang hijau segar alami. Sehingga seperti berada di sebuah tempat yang tersembunyi. Lebih baik tidak mengunjungi pemandian Aik Bukak pada hari libur atau bertepatan dengan waktu liburan banyak orang. Sebab sudah jelas bahwa pemandian di Lombok Tengah ini akan sangat penuh.

6. Pantai Dengan Sajian Pesona, Pantai Kuta Lombok

Tidak hanya Bali yang memiliki pantai dengan segala pesona. Tidak hanya Bali pula yang terkenal memiliki pantai bernama Kuta. Di Lombok Tengah, wisatawan juga akan menjumpai sebuah kawasan wisata pantai bernama pantai Kuta. Perlu waktu sampai dua jam untuk menuju ke pantai penuh pesona ini dari kota Mataram. Keindahan pesona yang ditampilkan oleh pantai Kuta adalah warna pasir pantai yang putih bersih.

Dinamakan sebagai pantai Kuta karena terletak di satu kawasan dengan desa Kuta, Lombok. Jika wisatawan beruntung maka akan dapat melihat serangkaian upacara Sasak. Upacara ini diadakan sekali setiap tahunnya. Upacara Sasak yang dikenal dengan nama upacara Bau Nyale terbilang sebagai upacara adat. Dalam upacara tersebut pelaut-pelaut diharuskan mencari hewan cacing yaitu, Nyale di dalam laut. Dan konon menurut cerita rakyat, cacing Nyale tersebut adalah helaian rambut dari seorang Putri yang bunuh diri terjun ke laut karena kebingungan dalam menentukan pasangan hidup.

Bagi yang hobi snorkeling pun juga tidak boleh melewatkannya ketika berkunjung ke pantai Kuta Lombok. Keindahan bawah laut di pantai ini akan membuat wisatawan tidak berhenti terpesona.

7. Pantai Seger, Pantai Penuh Legenda Putri Nyale

Berdekatan dengan pantai Kuta, inilah Lokasi Wisata di Lombok Tengah yang lain. Pantai yang dikenal sebagai pantai yang menjadi legenda putri Nyale adalah pantai Seger. Menjadi satu dengan pantai Kuta, ketika memasuki bulan kedua maka akan diadakan upacara Bau Nyale. Pantai Seger ini juga menghadirkan pantai pasir putih.

Namun tidak sekadar pasir pantai biasa. Karena dengan melihat fisiknya, pasir pantai di pantai Seger mirip dengan bumbu merica sehingga termasuk dalam pasir merica. Pemandangan alam yang indah juga jelas terlihat dari pantai Seger. Keindahan batu karang serta lumut-lumut terlihat begitu eksotik di pantai Seger. Baik air pantai sedang pasang atau tidak, dapat dikatakan tidak akan sepi oleh para wisatawan.

Bahkan ketika air pantai sedang pasang yang membuat banyak wisatawan takut untuk datang ke pantai, tidak terjadi di pantai Seger, Lombok Tengah ini. Alasannya adalah wisatawan yang pandai melakukan surfing akan beraksi dengan lincah dan membuat adrenalin tertantang di pantai Seger.

8. Pantai Senggigi, Wisata Pasir Gradasi Lombok

Keindahan pantai salah satunya tertuju pada keindahan pasirnya. Dengan berkunjung ke pantai Senggigi, selain pemandangannya yang indah, juga karena warna pasir yang berbeda. Warna pasir pantai Senggigi adalah putih kehitaman membentuk sebuah gradasi yang begitu apik.  Menuju ke pantai Senggigi Lombok, wisatawan perlu lebih dari setengah jam mencapai lokasi wisata ini dari arah Mataram.

9. Pantai Pasir Putih Mawi Lombok

Belum berhenti memberikan rekomendasi pantai di Lombok Tengah karena memang masih banyak. Satu lagi bernama pantai Mawi Lombok. Pantai ini juga identik dengan pasir putih. Bagi wisatawan yang ingin melihat banyak pantai pasir putih memang jawaban tepat adalah dengan berkunjung ke Lombok Tengah. Dapat dikatakan tidak terlalu lama menempuh perjalanan dari pantai Kuta ke pantai Mawi Lombok karena sekitar setengah jam saja. Namun yang menjadi pengganggu adalah jalanan yang mengarahkan para wisatawan untuk menuju ke pantai Mawi Lombok.

Kondisi jalanan dapat dikatakan kurang terawat dan kurang diperhatikan. Walaupun jalan tanah namun terbilang kurang nyaman untuk perjalanan. Tidak hanya pantai Seger yang sering dijadikan surfing untuk surfer. Pantai Mawi Lombok juga menjadi pantai yang sering dijadikan surfing bagi mereka yang berani beradu dengan ketinggian ombak di pantai Lokasi Wisata di Lombok Tengah.

10. Arah Mataram Menuju Pantai Selong Belanak

Jika menuju pantai Mawi Lombok harus berjumpa dengan kondisi jalanan yang kurang bersahabat, hampir sama dengan pantai Selong Belanak. Wisatawan yang sedang berada di Mataram dapat menuju ke pantai Selong Belanak dengan kondisi jalanan yang sama kurang baiknya. Memang tidak secepat menuju pantai Mawi Lombok dari pantai Kuta. Karena menuju ke pantai Selong Belanak perlu menempuh dua jam. Sama seperti pantai lain yang ada di pantai daerah Lombok Tengah, pantai Selong Belanak juga berpasir putih. Pasir pantai Selong Belanak memiliki tekstur yang halus dan lembut.

Jenis ombaknya adalah ombak yang kecil. Sangat tepat sebagai pantai wisata keluarga. Dengan pemandangan pantai yang indah dengan bukitnya yang dapat dinikmati melalui arah bungalow di pantai Selong Belanak. Wisatawan akan dengan mudah menemukan rumput laut di daerah tepi pantai Selong Belanak. Bagi yang ingin sekali terjun alias berenang di pantai Selong Belanak, maka tidak masalah untuk berenang di pantai ini.

Bahkan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu ketika mengunjungi pantai Selong Belanak adalah kegiatan memanggang hasil ikan laut dari para nelayan. Wisatawan harus siap menunggu para nelayan yang telah pergi melaut sejak dini hari dan aakn pulang ketika pagi hari dengan hasil tangkapan yang siap dibakar dan disantap.

11. Pantai Mirip Teluk, Pantai Mawon Lombok

Jika ingin mengunjungi pantai yang memiliki bentuk mirip teluk, ada di Lombok Tengah. Pantai ini memiliki nama pantai Mawon. Bentuk pantai miri teluk yang melengkung adalah pantai Mawon. Pantai ini di antara perbukitan yang membuat suasana sekitar pantai lebih berwarna. Menarik karena di saat musim hujan menyapa, maka warna bukit adalah hijau. Ketika musim kemarau, maka warna bukit adalah coklat.

Di pantai Mawon Lombok ini para wisatawan juga akan melihat karang-karang yang curam namun tetap indah untuk dinikmati sebagai pesona alam di pantai Lombok. Bagi wisatawan yang merasa khawatir dengan gelombang ombak yang datang sewaktu-waktu, dirasa tepat dengan berkunjung ke pantai Mawon Lombok. Karena gelombang ombak di pantai Mawon sangat tenang dan dapat dikatakan jarang terlihat.

12. Pantai Indah Di Tanjung A’an

Banyak pantai di Lombok Tengah dan ada lagi pantai yang menampilkan keindahan alam yang luar biasa. Yaitu, pantai Tanjung A’an adalah satu dari sekian banyak pantai di Lombok sebagai tempat wisata alam. Tidak lebih dari tiga kilometer setelah berkunjung ke pantai Kuta, maka wisatawan dapat menuju ke pantai Tanjung A’an. Jika kebanyakan memberikan pantai dengan pasir putih, untuk pantai ini pasirnya lebih berwarna kuning.

Jika ada jenis pasir merica, untuk jenis pasir di pantai Tanjung A’an adalah jenis pasir lada. Ombak di pantai ini terkenal sebagai ombak yang memberikan gelombang ketenangan. Sehingga sangat aman untuk kegiatan memancing, kegiatan berenang, sampai yang ingin menghitamkan kulit dengan cara berjemur.

13. Pantai Spot Surfing, Pantai Gerupuk

Banyak pantai yang akan asyik sebagai Lokasi Wisata di Lombok Tengah. Namun tidak banyak yang mampu menjadi spot surfing yang tepat. Dan pantai yang tepat untuk spot surfing adalah pantai Gerupuk. Ada lima titik yang dapat digunakan untuk surfing. Melihat potensi ombak yang mampu mendukung surfing, maka memang tepat ada di pantai Gerupuk. Bahkan bagi wisatawan yang tidak berani untuk melakukan olahraga air satu ini, tetap dapat menikmati ombak yang klasik di pantai Gerupuk.

14. Pantai Awang Lombok Tengah

Pantai dengan teluk juga akan dapat disaksikan di pantai bernama Awang. Pantai ini adalah pantai yang menyajikan pesona teluk yang indah. Menuju ke pantai dengan suguhan ganda berupa teluk adalah perlu menempuh tujuh kilometer. Dari arah pantai Kute Pujut alias Kuta Lombok, wisatawan akan direkomendasikan menuju pantai Awang. Bahkan kabarnya, pantai Awang ini juga akan dibangun menjadi dermaga pelabuhan untuk niaga internasional. Dan saat ini sedang berlangsung. Semoga saja cepat selesai dan pantai Awang akan menjadi pantai wisata yang semakin dikenal.

15. Pantai Tomang Omang Yang Panjang

Mengunjungi pantai bernama pantai Tomang Omang, maka akan melihat pantai yang terbilang panjang. Tidak jauh dari pantai Selong Belanak. Cukup menempuh jarak dua kilometer untuk tiba di pantai dengan warna emas di pasirnya. Keindahan yang terlihat dari pantai Tomang Omang adalah saat sore tiba untuk menyaksikan matahari terbenam dengan kesejukan angin yang bertiup semilir.

16. Pantai Wisata Bahari Di Pantai Pengatap

Wisata bahari ke pantai memang tepat dengan berkunjung ke pantai Pengatap. Tidak semudah menyusuri beberapa pantai yang lain. Namun ketika sudah tiba di pantai Pengatap, setiap pemandangan akan memberikan kedamaian. Kejernihan dan juga kebeningan dari air pantai biru di pantai Pengatap menjadi bukti bahwa pantai di Lombok ini masih bebas dari segala polusi. Di pantai Pengatap, bagi yang sangat senang dengan rumput laut, di lokasi wisata pantai ini, terdapat pembudidayaan khusus rumput laut.

17. Suasana Sepi Pantai Torok Aik Belek

Bagi wisatawan yang benar-benar ingin menikmati kesepian dan kesendirian di sebuah pantai untu wisata, ada di Lombok Tengah. Sebuah pantai yang benar-benar sepi, dengan pesona yang indah, bersih, dan nyaman adalah pantai Torok Aik Belek. Pantai ini ada di dekat dengan perkampungan penduduk. Untuk menuju ke pantai Torok Aik Belek maka harus menuju ke Praya Barat Daya.

18. Gunung Rinjani, Wisata Pegunungan Di Lombok

Lombok juga terkenal memiliki tempat wisata pegunungan. Siapa yang tidak mengenal Gunung Rinjani sebagai salah satu Lokasi Wisata di Lombok Tengah. Bagi wisatawan yang hobi hiking, lebih baik mencoba tantangan di Gunung Rinjani ini. Sudah jelas akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan mereka yang berani hiking di Gunung Rinjani. Karena gunung satu ini termasuk dari Taman Nasional di Indonesia.

19. Wisata Goa Di Goa Bengkang

Goa menjadi salah satu tempat wisata yang tetap mampu menarik minat wisatawan. Goa di Lombok Tengah, bernama Goa Bengkang adalah pilihan menarik untuk dikunjungi. Berwisata ke dalam goa memang menantang. Dan wisatawan tidak perlu khawatir dengan pemandangan yang dilihat. Karena keindahan goa juga akan mampu membuat suasana yang menyenangkan bagi para wisatawan.

20. Goa Pengembur Sisi Lain Lombok Tengah

Ada lagi goa yang dapat menjadi tempat wisata selain goa Bengkang. Goa satu ini adalah sisi lain dari Lombok Tengah. Wisatawan dapat mengunjungi goa Pengembur. Jadikan pengalaman seru dengan mengunjungi tempat wisata yang tidak biasa di goa Pengembur. Lokasi yang tidak terlalu jauh dari goa Bengkang.

21. Bendungan Wisata Lombok, Bendungan Batujai

Siapa yang beranggapan memilih tempat wisata haruslah yang dapat digunakan untu bersantai. Sekadar melewati maupun berhenti sejenak di sebuah tempat yang mampu memberikan keindahan juga termasuk mengunjungi tempat wisata. Sama ketika wisatawan akan mengunjungi bendungan di Lombok Tengah. Bagi yang ingin melihat bendungan di wilayah desa Batujai, maka dapat menikmati bendungan Batujai. Wisatawan akan melewati tempat wisata ini ketika dari arah bandara Internasional Lombok maupun ke arah sebaliknya.

22. Wisata Religi Masjid Kuno Rembitan

Jika bangunan masjid selalu terlihat dari batu bata atau semacamnya, tidak dengan Masjid Kuno Rembitan di Lombok Tengah. Masjid satu ini memang sangat kuno. Apalagi dilihat dari bentuk bangunannya yang terbuat dari ijuk serta saot. Melihat kondisi bangunan masjid ini, wisatawan mungkin tidak akan mengira bahwa bangunan ini adalah masjid. Jadi, bagi wisatawan muslim yang ingin mengunjungi wisata religi di Lombok Tengah, kunjungi Masjid Kuno Rembitan.

23. Masjid Gunung Pujut Bagian Sejarah Islam Lombok

Sejarah Islam di Lombok juga berkaitan dengan berdirinya Masjid Gunung Pujut. Berada di desa Sengkol, masjid ini masih kokoh berdiri. Walaupun memang kondisinya sudah tidak lagi digunakan untuk ibadah umat Islam. Namun masjid Gunung Pujut menjadi masjid yang masih ramai dikunjungi para wisatawan muslim maupun nonmuslim ketika memasuki Lombok Tengah.

24. Wisata Sambil Berziarah Di Pemakaman Nyatok

Mungkin masih sangat dilakukan wisatawan dengan memilih tempat wisata seperti makam. Namun ketika wisatawan mengunjungi Lombok Tengah, seperti sudah sebuah keharusan untuk wisata ziarah di makam Nyatok. Merupakan pemakaman seorang wali Nyatok yang memiliki jasa dalam menyebarkan ajaran agama Allah, agama Islam.

25. Wisata Ke Makam Raja Pejanggik

Mengunjungi makam seorang datu dapat wisatawan lakukan di makam Raja Pejanggik. Makam seorang datu dari Lombok ini terbilang sudah termakan usia. Dan sayangnya makam ini kurang dirawat. Sehingga menjadi kurang baik mengunjungi sebuah makam yang kurang terawat. Semoga ke depan makam Raja Pejanggik ini mulai diperbaiki dan baik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah.

26. Kerajinan Gerabah Oleh-oleh Tradisional

Kerajinan gerabah tidak hanya ada di daerah tertentu di sebuah pulau. Tidak hanya terdapat di pulau Jawa. Ketika wisatawan mengunjungi lombok pun juga dapat menemukan tempat kerajinan gerabah. Banyak ekrajinan yang dapat dibeli sebagai oleh-oleh. Bagi wisatawan yang tertarik dapat mengunjungi kecamatan Kediri, Lombok. Kerajinan gerabah adalah Lokasi Wisata di Lombok Tengah yang wajib untuk wisatawan lokal maupun luar negri untuk dikunjungi.

27. Kerajinan Anyaman Rotan Khas Lombok

Seperti yang sudah disebutkan lebih dulu, di Lombok terdapat pula kerajinan dari anyaman rotan. Wisatawan dapat membeli anyaman berbentuk piring maupun bentuk yang lain sebagai oleh-oleh. Dijamin hasil kerajinan satu ini menjadi oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang. Berkunjung ke tempat kerajinan anyaman rotan maka perlu menuju ke Kabupaten Lombok Tengah berada.

28. Wisata Agro Tanaman Jeruk Di Sekedek

Menarik sekali ketika ada tempat wisata yang mampu memberikan suasana berbeda dan keseruan yang luar biasa. Tentu saja dengan wisata agro di Sekedek, Lombok Tengah. Wisatawan akan sibuk memetik jeruk dan dapat dinikmati di tempat sampai di bawa pulang sebagai bentuk oleh-oleh bergizi.

29. Gendang Beleq, Wisata Alat Tradisional

Ada tempat wisata di daerah Lombok yang menyajikan sajian musik tradisional. Dikenal dengan nama Gendang Beleq adalah nama dari alat musik tradisional suku Sasak. Wisatawan dapat menikmati irama musik tradisional dari Gendang Beleq dengan mengunjungi tempat wisata ini ketika ada pertunjukkan di Lombok Tengah maupun bagian Lombok yang lain.

30. Wisata Pacuan Kuda Praya

Mengunjungi Praya di Lombok Tengah, wisatawan akan dapat menyaksikan pacuan kuda. Tentu menjadi sajian wisata yang menarik ketika dapat menikmati kuda-kuda yang saling berpacu. Menimmati wisata tidak hanya dengan menikmati sajian alam. Namun juga kegiatan yang sering dilakukan di tempat wisata tersebut. Seperti menikmati sajian Lokasi Wisata di Lombok Tengah dengan melihat kuda-kuda yang lincah berlari untuk saling berpacu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *