Bisa dicoba Wirausaha Kelapa Tua dan Bisnis Kertas

Pertumbuhan wirausaha di Indonesia memang sangat luar biasa. Terbukti dengan bermunculan macam-macam wirausaha yang memiliki konsep dan juga produk yang unik dan kreatif. Tentu saja hal ini memberikan efek yang sangat positif karena dapat mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Selain itu, dengan semakin banyaknya jumlah wirausaha baru di Indonesia juga dapat meningkatkan perekonomian bangsa.

Wirausaha untung besar

Maka dari itu, sebagai pemuda penerus bangsa sebaiknya kita jangan bermalas-malasan. Ayam aja setiap pagi selalu pergi dengan perut lapar dan pulang dengan perut kenyang dan juga membawa makanan untuk anaknya, masa kita yang masih sehat bisanya cuma tidur doang sih, males banget tuh, malu dong sama ayam….hehe. Memang tidak mudah dalam membangun sebuah usaha tapi bukan berarti mustahil loh, ada banyak halangan yang harus kita hadapi, kadang untung tapi kadang juga rugi. Namanya juga wirausaha, kalau mau penghasilan yang pasti setiap bulan ya jadi karyawan aja…hehe.

Intinya dalam menjalankan bisnis yaitu lakukan apa yang anda sukai. Seperti salah satu pencipta Iphone, Steve Jobs, pernah mengatakan “Do Whats Your Love,” lakukan apa yang anda cintai, termasuk dalam berwirausaha. Jika anda menjalankan usaha atau bisnis yang memang sesuai dengan bidang atau hobi anda maka bisa dipastikan anda tidak akan merasa jenuh, bosan, apalagi malas.

Memang tidak diragukan lagi, yang namanya usaha ataupun bisnis tentunya harus memberikan keuntungan. Lalu apa saja usaha yang dapat memberikan keuntungan yang besar? Silakan anda simak ulasannya berikut ini.

Bisnis Kelapa Tua

Mungkin anda sudah asing lagi kelapa tua yang biasa digunakan untuk membuat santan. Ternyata selain digunakan untuk membuat santan, kelapa tua juga menyediakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan. Anda bisa menjadi agen kelapa tua untuk memasok atau menyuplai ke berbagai pasar tradisional. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Harga kelapa tua yang besar paling mahal Rp 1700, dan dijual kepasar dengan harga Rp 2500.

Daerah penghasil kelapa tua yang paling banyak yaitu Tasik, Lampung, Banten, dan juga Sumatera. Untuk ongkos kirimnya pun bervariasi, anda tinggal cari lokasi pengambilan yang dekat dengan rumah anda. Misalkan anda mengambil 4000 butir kelapa dengan biaya pengiriman menggunakan truck sebesar Rp 700.000 sudah termasuk bensin. Dengan perikaraan harga per butir kelapa tua Rp 1700, berarti modal yang harus anda keluarkan yaitu Rp 1700 x 4000 = Rp 6.800.000+Rp 700.000 (ongkos Kirim) = Rp 7.200.000

Sedangkan harga jual ke pasar yaitu Rp 2.500 per butir berarti anda mendapatkan keuntungan Rp 800 per butirnya. Berarti keuntungan yang anda dapatkan yaitu Rp 2.500 x Rp 4000 = Rp 10.000.000- Rp 7.200 = Rp 2.800.000 dalam sekali pengiriman. Misalkan dalam sebulan anda mengirim 4 kali berarti keuntungan yang anda dapatkan Rp 2.800.000 x 4 = Rp 11.200.000, keuntungan yang lumayan besar kan.

Bisnis Kertas Bekas

Bisnis atau usaha lainnya yang juga menghasilkan keuntungan yang besar yaitu bisnis kertas bekas. Namun, anda juga harus mengetahui jenis-jenis kertas bekas seperti kardus, hvs, duplex, dan lainnya. Misalkan anda membeli kertas bekas dari berbagai warung dan toko kelontong dengan harga Rp 1000/kg, kemudian anda menjual ke pabrik kertas dengan harga Rp 1700/kg. Sedangkan biaya untuk pengiriman sebesar RP 200.000 (mobil +bensin). Untuk pengiriman atau penjualan ke pabrik kertas minimal 500 kg.

Berarti modal yang anda keluarkan = Rp 1000 x 500 kg= Rp 500.000 + Rp 200.000 (transport)= Rp 700.000, jadi keuntungan yang bisa anda dapatkan yaitu Rp 1800 x 500kg = Rp 900.000-Rp700.000 = Rp 200.000 per pengiriman. Jika dalam 1 minggu anda bisa mengirim 5 kali, berarti keuntungan yang anda dapatkan Rp 200.000 x Rp 5 = Rp 1.000.000/minggu. Semakin banyak anda mengirim kertas bekas ke pabrik maka akan semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.Macam-macam wiarausaha tersebut memiliki potensi penghasilan yang sangat besar dengan modal yang minim, silakan anda coba sendiri dan rasakan hasilnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *