Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Protein berfungsi untuk menjaga dan memperbaiki jaringan sel serta membuat hemoglobin. Hemoglobin adalah zat warna dalam sel darah merah yang akan membawa oksigen dari paru paru ke sel sel diseluruh tubuh, membentuk anti bido untuk melawan penyakit dan infeksi dan menghasilkan hormon dan enzim.

Protein dapat menimbulkan raksi kima dalam tubuh dan mengatur berbagai proses tubuh. Sumber protein terbaik terdapat pada makanan yang berasal dari hewan seperti daging sapi, daging ayam, ikan dan susu. Sementara yang lainnya terdapat pada makanan yang berasal dari tumbuh tumbuhan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tahum tempe dan susu kedelai.

Protein penting untuk kebutuhan gizi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Disamping itu protein juga dibutuhkan utnuk pembentukan semua bahan pengatur seperti hromon dan enzim enzim ibu dan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk memperoleh suplemen protein minimal sebanyak 12 gram perhari dari kebutuhan sebelum hamil, yakni sekitar 60 gram / hari.

Kebutuhan lemak gizi ibu hamil

Lemak berfungsi untuk memberi lebih banyak energi daripada zat zat lainnya, membawa vitamin-vitamin A,D,E,K yang tidak larut dalam air keseluruh sel sel tubuh. Penting untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan kulit. Melindungi organ organ vital tubuh seperti ginjal. Melindungi tubuh dari kehilangan panas berlebih.

Bagi ibu hamil, lemak dibutuhkan tubuh terutama untuk membentuk energi dan juga membentuk sel sel baru, serta perkembangan sistem syaraf janin. Oleh sebab itu, ibu hamil tidak boleh sampai kurang menkonsumsinya karena dapat membuat berat badan ibu hamil meningkat tajam dan akan menyulitkan saat menjalani kehamilan dan pasca persalinan.

Kandungan lemak yang baik untuk kebutuhan gizi ibu hamil

Ibu hamil dianjurkan makan makanan yang mengandung lemak tidak lebih dari 25 persen dari seluruh kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Yang penting diperhatikan, pilihan jenis lemaknya, yakni yang mengandung asam lemak esensial ( ALE ). Lemak ini tidak dapat dibuat tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Yang tergolong lemak esensial adalah asam lemak linoleat, yakni suatu asam lemak tidak jenuh, omega 3. Turunan asam lemak omega 3 ialah DHA (asam dokosaheksaenoat) yang mempunyai peran penting antara lain pada tumbuh kembang jaringan syaraf dan retina.

Sedangkan bahan makanan sumber asam lemak omega 3 antara lain kacang kacangan dan hasil olahannya, serta ikan laut lainnya, terutama ikan laut dalam. Asam lemak esensial lainnya ialah asam lemak omega 6. Turunan asam lemak omega 6 ialah asam arakhidonat yang penting untuk otak janin dan jaringan lainnya.

Sumber lemak: mentega margarine, minyak kelapa, minyak jagung, susu, keju, es krim, daging, telur, dan kacang kacangan.

Kebutuhan karbohidrat Gizi Ibu Hamil

Karbohidrat berfungsi untuk menyediakan energi yang bisa langsung dipergunakan tubuh, menyerap protein untuk membentuk dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta menambah volume pada makanan sehingga lebih mengenyangkan. Sumber kabohidrat adalah beras, gandum, mie, sereal, kentang, sayuran, dan buah buahan.

Sekitar 60% dari seluruh kalori yang dibutuhkan tubuh ialah karbohidrat. Jadi, ibu hamil membutuhkan karbohidrat sekitar 1500 kalori. Akan tetapi , karena tidak semua sumber karbohidrat yang perlu dibatasi ialah gula dan makanan yang mengandung banyak gula, seperti cake dan permen.

Karbohidrat kompleks untuk gizi ibu hamil

Sedangkan karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi untuk kecukupan gizi ibu hamil yang sebaiknya ialah karbohidrat kompleks yang terdapat pada roti gandum, kentang atau padi padian yang tidak digiling. Jenis ini mengandung serat dan cukup kalori. Karbohidrat kompleks pun terdapat pada sayur dan buah. Karbohidrat dapat melindungi protein terhadap pembakaran menjadi energi.

Kebutuhan Vitamin Gizi Ibu Hamil

Vitamin diperlukan tubuh untuk mempertahankan kesehatan. Selama hamil, vitamin penting untuk gizi ibu hamil pada perkembangan janin nya.  Baca ( Kebutuhan Vitamin untuk Gizi Ibu Hamil ). Termasuk kekebalan tubuh dan produksi darah merah serta system syarafnya. Misalnya asam folat untuk mencegah anemia dan spina bifida pada janin atau vitamin C untuk daya tahan tubuh terhadap infeksi. Beberapa vitamin hanya sedikit disimpan dalam tubuh, sehingga diperlukan suplemen vitamin yang cukup untuk kebutuhan gizi ibu hamil ini setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *