Makanan ringan untuk ibu hamil

Makanan ringan sering kali dianggap kurang baik, padahal kalau bisa memilih jenis makanan ringan dan mengetahui porsi yang tepat, makanan ringan bisa menambah nilai suplemen gizi yang kurang. Maksudnya, kebiasaan makanan camilan ini tidak selamanya berakibat buruk. Tentunya jika anda memilih jenis makanan ringan dan tahu cara makan camilan yang benar.

Bagaimana menyiasati makanan ringan yang sehat?

Kurangi jenis makanan ringan yang mengandung banyak gula seperti permen, cokelat, biskuit manis atau biskuit berlapis krim serta softdrink.

Makanan ringan yang tinggi lemak harus dibatasi. Misalnya kentang goreng, keripik, coklat dan eskrim. Ganti dengan jenis makanan yang rendah lemak seperti buah apel, jagung bakar atau rebus, yogurt atau es krim rendah lemak, kroket atau risoles sayur.

Kurangi mengkonsumsi makanan ringan fastfood. Biasanya makanan ini mengandung kalori lemak dan garam tinggi.

Kalau anda merasa sudah terlalu banyak makan camilan tetapi perut masih lapar, ganti dengan mengkonsumsi buah buahan atau memilih makanan ringan yang mengandung sayuran atau sari buah.

Ada baiknya ibu hamil membuat makanan ringan sendiri. Dengan demikian dapat mengontrol pemakaian lemak dan gula serta memperbanyak kandungan seratnya dari buah buahan hal ini juga sebaiknya dilakukan di rumah.

Pilihan menu sehat di keseharian.

Yang dimaksud menu sehat setiap hari bukan saja dalam pemilihan jenis makanan, namun juga kebiasaan makan. Menu sehat setiap hari adalah :

Bervariasi dan banyak mengkonsumsi makanan yang diolah dari bahan makanan yang segar dengan proses pengolahan yang tidak terlalu alam. Dengan demikian, kandungan zat gizi nya diharapkan akan maksimal.

Memperhatikan label makanan tentang kandungan gizi dan jenis bahan penyusunnya, serta tanggal kadaluarsanya pada makanan instan / kaleng.

Memilih makanan yang bermanfaat ganda. Misalnya, memilih sumber protein yang mengandung asam amino lengkap, seperti telur, susu, tempe, tahu dan sumber protein lainnya. Juga alternatif bahan makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti ikan tuna dan salmon, juga mengandung kadar DHA tinggi, yang baik bagi perkembangan otak anak anda.

Mematuhi jadwal makan, yakni makan makanan bergizi tiga kali sehari pada waktu yang tepat, yakni sarapan, makan siang dan makan malam serta dua kali camilan ringan.

Selalu sarapan setiap hari. Sarapan merupakan energi awal untuk melakukan kegiatan pada hari itu. Sarapanlah lengkap dan seimbang. Sarapan adalah waktu bersantap yang paling penting sepanjang hari, terutama pada trimester pertama kehamilan. Pada masa ini timbul mual atau lesu yang muncul setiap pagi. Memang pada waktu pagi kadar gula darah menurun setelah semalaman lambung kosong. Oleh sebab ini, sarapan dapat mengatasi atau paling tidak mengurangi rasa mual dan lesu.

Tidak ada bahan makanan yang mempunyai kandungan gizi lengkap seperti yang sudah dijelaskan tentang makanan ringan untuk ibu hamil diatas. Anda perlu mengkonsumsi kebutuhan makanannya setiap hari dengan ragam jenis makanannya. Empat sehat lima sempurna plus halal merupakan konsep paling tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *