Makanan yang baik untuk ibu hamil

Bagaimana memilih makanan yang baik untuk ibu hamil – di awal masa kehamilan menentukan makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah bagian terpenting yang harus di jaga. Diantaranya adalah makanan yang mengandung asam folat. Setidaknya dengan komposisi 0,8 folat perharinya. Sumber asam folat itu sendiri dapat ditemukan di beberapa bahan makanan diantaranya adalah sayuran hijau, seperti kacang kacangan, buah dan hati sapi.

Kandungan asam folat yang Redah makanan yang baik untuk ibu hamil.

Umumnya bahan bahan makanan yang baik untuk ibu hamil adalah makanan yang mengandung asam folat yang rendah, karena asam folat alami akan mudah rusak akibat pemanasan atau penyimpanan yang terlalu lama. Oleh karenanya, para ibu hamil dianjurkan makan dalam jumlah yang banyak atau mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat sesuai dalam dosis yang dianjurkan.

Kandungan Zat Besi yang cukup untuk makanan yang baik untuk ibu hamil.

Ibu hamil sebaiknya juga mengonsumsi makanan yang banyak menandung zat besi karena ibu hamil rentan terkena anemia yang mengakibatkan tubuh sering terasa lemas, pusing dan kulit pucat. Selain itu, janin yang sedang menjalani proses pertumbuhan juga membutuhkan zat besi untuk proses pembentukan sel darah merah. Zat besi dapat ditemukan atau dijumpai dalam daging merah, sayuran, serta gandum.

Tips memilih makanan yang baik untuk ibu hamil

  • Pilihlah makanan yang “aman”. Aman berarti tidak mengandung pengawet, tidak mengandung pewarna, tidak mengandung alkohol dan tidak mengandung MSG.
  • Makanlah dengan teratur dan cukup. Jangan membiarkan diri Anda kelaparan karena takut mual dan muntah. Lebih baik makan dalam porsi kecil setiap 3 atau 4 jam sekali daripada makan sekali dengan porsi yang besar. Pada kehamilan trimester kedua pertumbuhan janin meningkat pesat dan membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk perkembangan otak jaringan syaraf.
  • Makanlah sayur-sayuran dan buah-buahan yang masih segar. Ibu hamil wajib untuk ini.
  • Cuci bersih semua sayur dan buah sampai bersih sebelum dimakan atau dimasak. Kupas terlebih dahulu kulit buahnya.
  • Makan makanan yang sudah dimasak sampai matang. Untuk sementara hindari makanan mentah atau dimasak setengah matang. Seperti sushi(yang mentah) dan steak ( dimasak setengah matang). Bakteri coli, salmonella, dan toksoplasma (toksoplasmosis) sering terdapat pada makanan yang dimasak setengah matang dan susu yang tidak disterilisasi.
  • Jaga kebersihan dapur, peralatan masak, dan peralatan makan. Selalu mencuci tangan sebelum makan dan menjaga kebersihan diri sendiri. Hal ini termasuk bagian yang penting selain tips memilih makanan yang baik untuk ibu hamil.  
  • Pilih sea food yang berasal dari laut yang bersih dan tidak tercemar. Zat yang berbahaya untuk kesehatan yang ada didalam sea food dari laut yang tercemar adalah merkuri dan logam berat lainnya.
  • Minum air setidaknya 8 gelas setiap harinya. Cairan yang dibutuhkan tersebut berguna untuk membangun sel darah merah dan sirkulasi cairan ketuban.
  • Hindari mengkonsumsi makanan yang berkadar garam tinggi dan banyak lemak, terutama pada ibu hamil yang hipertensi.
  • Perbanyaklah makan makanan yang berserat tinggi, buah-buahan serta sayuran yang akan membantu anda mengatasi konstipasi selama kehamilan serta membantu perkembangan bayi yang sehat.
  • Buatlah menu makanan yang bervariasi agar tidak bosan.
  • Minum vitamin. Dianjurkan bagi ibu hamil untuk minum vitamin yang mengandung asam folat dan sesuai dengan dosis yang tepat.

Semoga tips memilih makanan yang baik untuk ibu hamil ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *