Manfaat Olahraga selama hamil

Untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh, disamping cukup zat gizi dan istirahat, juga dibutuhkan olahraga. Wanita hamil sama seperti yang lainnya juga butuh olahraga guna menjaga kesehatan tubuh dan kehamilannya. Namun demikian terdapat perubahan perubahan dalam tubuh wanita hamil yang bisa mempengaruhi kemampuan berolahraga.

Hormon yang dihasilkan oleh kehamilan menyebabkan urat (ligamen) yang mensuport persendian menjadi relaks. Hal ini membuat sendi lebih leluasa dan lebih beresiko mengalami cidera. Oleh karenanya hindari olahraga yang bersifat high impact seperti berlari, melompat, gerak cepat dan lain lain.

Akibat berat badan yang bertambah serta pusat gravitasi tubuh yang berubah (lebih berat pada bagian perut), menyebabkan beban yang berlebihan pada otot dan urat pada daerah panggul dan pinggang bagian belakang bawah. Sehingga sering menimbulkan nyeri pinggang dan lebih mudah kehilangan keseimbangan serta terjatuh terutama pada akhir kehamilan.

Akibat penambahan cairan yang banyak selama hamil, jantung wanita lumayan bekerja keras jadi jangan ditambah berat lagi dengan tehnik olahraga yang tidak benar. Intensitas olahraga yang sedang. Patokannya adalah wanita hamil masih bisa berbicara normal saat melakukan olahraga. Kondisi ini hanya mungkin jika si wanita hamil dalam keadaan sehat.

Manfaat olahraga selama menjalani kehamilan.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan olahraga selama menjalani kehamilan, sejak awal hingga proses kelahiran, yaitu:

  • Mengurangi nyeri pinggang, konstipasi, kembung, dan rasa begah.
  • Dapat mencegah dan mengobati diabetes dalam kehamilan.
  • Meningkatkan energi dan memperbaiki mood.
  • Memperbaiki postir dan meningkatkan kekuatan berikut ketahanan otot.
  • Membantu tidur lebih nyenyak.
  • Meminimalisir nyeri saat persalinan.

Pastikan dulu ke dokter bahwa ibu tidak memiliki kontra indikasi untuk melakukan olahrga selama hamil. Meskipun baik, namun ada beberapa kondisi ibu hamil yang justru tidak boleh melakukan atau menghentikan kegiatan olahraga.

Berikut kondisi ibu hamil yang dilarang melakukan olahraga.

  • Memiliki risiko persalinan kurang bulan
  • Perdarahan pervagina
  • Mengalami kelelahan berlebihan setiap habis melakukan aktivitas fisik yang lumayan berat.
  • Pernah mengalami keguguran sebelumnya.
  • Ketuban pecah sebelum waktunya.

Panduan umum olahraga ibu hamil

Berikut panduan umum olahraga bagi ibu hamil yang telah berkonsultasi dengan dokter dan dinyatakan aman untuk melakukan olahraga selama kehamilan.

Hindari olahraga yang melibatkan pinggang

Meskipun kehamilan kita masih muda, dan belum begitu kelihatan, tetap saja olahrga yang melibatkan pinggang bisa membahayakan janin dalam kandungan.

Hindari olahraga dalam cuaca panas

Sebenarnya dalam kondisi tidak hamil sekalipun, olahraga di cuaca panas hanya bisa dilakukan oleh orang tertentu yang mempunyai fisik kuat dan stabil. Bagi sebagian lain, misalnya tengah hamil, sangat dianjurkan untuk menghindarinya. Hal ini karena cuaca panas menuntut pengeluaran cairan yang lebih cepat. Sementara aktivitas olahraga kadang mengasyikkan, hingga membuat perlakukannya abai untuk menambah cairan, dan tingkat tertentu bisa menyebabkan dehidrasi. Kondisi inilah yang harus dihindari.

Memakai pakaian yang nyaman / dingin.

Ibu hamil biasanya memproduksi keringat lebih banyak. Karena itu akan lebih baik jika ibu mengenakan pakaian yang nyaman, menyerap keringat, dan tidak terlalu ketat.

Memakai bra yang men-suport payudara

Jangan mengenakan bra yang kesempitan atau kebesaran. Keduanya itu akan menimbulkan rasa sakit karena saluran darah yang semakin besar ke payudara membuatnya semakin sensitif.

Banyak minum

Banyak minum disini dimaksudkan agar jangan sampai terlalu panas dan dehidrasi. Disarnkan bukan minuman yang menandung gula atau bersoda. Akan lebih baik jika air putih.

Pastikan mengonsumsi kalori yang cuku untuk kehamilan.

Perhatikan asupan gizi yang masuk. Kita harus ingat bahwa ada janin yang sangat bergantung pertumbuhannya pada kesehatan dan nutrisi yang kita konsumsi. Olahraga tanpa kontrol dan asupan gizi yang tidak tercukupi hanya akan membuat janin mengalami gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *